BNP2TKI & KBRI Riyadh Bantu Pulangkan PMI Sakit dari Jeddah

BNP2TKI & KBRI Riyadh Bantu Pulangkan PMI Sakit dari Jeddah
nies dan Fitri tiba di Indonesia pada 29 Mei 2018 dengan didampingi oleh Pejabat Fungsi Konsuler KBRI Riyadh, Agus Hidayatulloh, dan diserahterimakan kepada petugas BNP2TKI. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - BNP2TKI dan KBRI Riyadh fasilitasi kepulangan 2 PMI sepasang suami-istri bernama Anies Hambali dan Fitri Ariyanti asal Jawa Timur.

Kedua PMI ini meminta bantuan KBRI Riyadh untuk bisa pulang ke Indonesia karena sang suami, Anies Hambali sakit dan ingin mendapatkan upaya penyembuhan di Tanah Air.

Pada awalnya, kedua PMI ini sulit untuk bisa kembali ke Indonesia karena Kafil dari Anies Hambali bernama Dr. Fadh tidak mengizinkan Anies untuk pulang karena masih memiliki tanggungan utang dari kerja sama bisnis catering untuk jamaah haji/umrah sebesar lebih dari SAR 100.000.

Demikian juga dengan Kafil dari Fitri Ariyanti, yang bernama Muhammad Kassar, berkeberatan untuk mengizinkan Fitri kembali ke tanah air bersama suami karena saat ini sulit untuk mendatangkan pekerja baru dari Indonesia.

Upaya KBRI Riyadh untuk bernegosiasi dengan kedua Kafil tersebut membuahkan hasil dimana Dr. Fadh tidak saja mengizinkan untuk Anies kembali ke Indonesia, juga menurunkan tuntutan pembayaran utang dari SAR 100.000 menjadi SAR 60.000 yang akan dibayarkan setelah Anies kembali ke Indonesia dan sembuh dari penyakitnya.

Begitu pula, dengan Kafil Muhammad Kassar yang juga mengizinkan Fitri untuk pulang setelah diyakinkan bahwa Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi tengah berunding agar bisa mendatangkan pekerja Indonesia ke Arab Saudi.

Kedua PMI tersebut tiba di Indonesia pada 29 Mei 2018 pukul 18.00 WIB dengan didampingi oleh Pejabat Fungsi Konsuler KBRI Riyadh, Agus Hidayatulloh, dan diserahterimakan kepada petugas BNP2TKI yang bertugas di Common Use Lounge Bandara Soekarno Hatta untuk kemudian dapat difasilitasi kepulangannya hingga ke daerah asalnya di Jombang, Jawa Timur, dengan terlebih dahulu mendapatkan penanganan untuk cuci darah di RS. Polri, Kramatjati dikarenakan kondisi Anies yang mengidap penyakit diabetes dan hepatitis B.

Kepala LP3TKI Surabaya, Marub menyampaikan bahwa sampai saat ini Rabu (30/5), yang bersangkutan masih dalam penanganan kesehatan di RS. Polri, Kramatjati.

BNP2TKI dan KBRI Riyadh fasilitasi kepulangan 2 PMI sepasang suami-istri bernama Anies Hambali dan Fitri Ariyanti asal Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News