BNPB Tolak Pulau Mentawai Dikosongkan

BNPB Tolak Pulau Mentawai Dikosongkan
BNPB Tolak Pulau Mentawai Dikosongkan
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menolak adanya wacana pengosongan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) pasca bencana tsunami. Sebab menurut BNPB, mengosongkan Pulau Mentawai bukanlah langkah tepat untuk mengantisipasi terjadinya bencana.

"Kita tidak mungkin meniadakan suatu pulau yang di situ sudah dihuni manusia. Apalagi segala aktivitas ekonomi di daerah Pagai Utara dan Pagai Selatan tiba-tiba mau dikosongkan," kata Direktur Pengurangan Resiko Bencana BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, kepada wartawan di Kantor BNPB, Jalan Juanda, Jakarta, Senin (1/11).

Yang tepat dilakukan, kata Sutopo, adalah merelokasi penduduk ke dataran tinggi. Menurutnya, Kepulauan Mentawai tidak seluruhnya terdiri dari dataran rendah. Di mana dari kawasan pantai, itu tidak sampai satu kilometer sudah (merupakan) dataran tinggi dan aman dari tsunami.

"Sepanjang pantai itu, ada dataran yang cukup tinggi. Jaraknya tidak sampai satu kilometer dari pantai. Saat kejadian (tsunami), mereka aman," ucapnya.

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menolak adanya wacana pengosongan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) pasca bencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News