BNPB Waspadai Tiga Potensi Banjir

BNPB Waspadai Tiga Potensi Banjir
BNPB Waspadai Tiga Potensi Banjir
JAKARTA - Curah hujan di Indonesia diperkirakan tinggi dalam beberapa bulan mendatang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kejadian sesaat yang bisa mengakibatkan bencana banjir.

"Yang harus kita waspadai adalah munculnya kejadian sesaat yang bisa saja meningkatkan curah hujan secara luar biasa dalam waktu singkat," kata Kepala BMKG Sri Woro Budiati di Kantor Wakil Presiden kemarin (14/11). Kondisi seperti itulah yang terjadi di sebagian wilayah Thailand yang dilanda banjir pada Oktober lalu.

Dia mengungkapkan, curah hujan diprediksi masih normal. La Nina juga diperkirakan tidak begitu memengaruhi curah hujan di kawasan timur Indonesia. Sementara itu, di wilayah Indonesia bagian barat, curah hujan hingga kini belum terdeteksi. "Dipole mode di Samudera Hindia yang mungkin menambah pasokan curah hujan sejauh ini belum terdeteksi," katanya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Muarif menyatakan, terdapat tiga kejadian yang memerlukan langkah antisipasi terkait dengan ancaman banjir pada musim hujan. Yakni, banjir lahar dingin di lereng Gunung Merapi, banjir Bengawan Solo, dan banjir di ibu kota Jakarta.

JAKARTA - Curah hujan di Indonesia diperkirakan tinggi dalam beberapa bulan mendatang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News