Bobol ATM Pakai Tusuk Gigi

Bobol ATM Pakai Tusuk Gigi
Bobol ATM Pakai Tusuk Gigi

jpnn.com - SIANTAR - Dua tersangka pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM), yakni Hendri Hutasoit (32) warga Selambo, warga Medan dan Boike Sihombing (31), warga Parsada Raya, Tangerang, diamuk massa dan nyaris dibakar di Pasar Tradisional Porsea, Kamis (18/9) pukul 18.30 WIB.

Kedua tersangka ketahuan menipu nasabah yang berniat mengambil uang tunai dari mesin ATM. Modusnya, tersangka sengaja mengganjal mulut ATM menggunakan tusuk gigi agar kartu tersebut tidak bisa masuk. Selanjutnya, tersangka datang dan pura-pura membantu nasabah melakukan transaksi.

Hal itu disampaikan Kapolres Tobasa AKBP Budi Harianto melalui Kapolsek Porsea AKP Manson Nainggolan SH MSi didampingi Kanit Serse Ipda Saut Simamora.

“Jadi, modus yang dipakai kedua pelaku yakni mengganjal lubang ATM memakai tusuk gigi. Akibatnya, nasabah yang ingin melakukan transaksi tidak berhasil karena kartu ATM-nya tidak bisa masuk. Selanjutnya, tersangka masuk ke ruang ATM dan mencoba membantu nasabah,” terangnya.

Kemudian, tersangka memandu nasabah memasukkan nomor PIN. Setelah itu, tersangka menukar ATM nasabah dengan ATM palsu yang sebelumnya sudah disediakan.

“Ketika pelaku sudah mengetahui PIN ATM nasabah, salah seorang rekan pelaku pergi ke ATM lain untuk menguras uang yang berada di dalam rekening nasabah,” kata Manson.

Lebih lanjut dijelaskan, dari tangan tersangka pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa 15 kartu ATM, yakni 3 kartu ATM Bank BNI, 5 kartu ATM Bank Mandiri, 4 kartu ATM BRI, 2 kartu ATM Bank Sumut dan 1 satu ATM Bank BCA.

Kemudian, 4 unit telepon seluler, 1 bungkus tusuk gigi, 3 buku tabungan, 1 gergaji besi, uang Rp450 ribu dan 1 unit mobil Toyota Avanza.

SIANTAR - Dua tersangka pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM), yakni Hendri Hutasoit (32) warga Selambo, warga Medan dan Boike Sihombing (31), warga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News