Bocoran Hasto: Akan Ada Mesin Pengawet Bawang dari Bu Mega

Bocoran Hasto: Akan Ada Mesin Pengawet Bawang dari Bu Mega
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat mengunjungi Pasar Sayur Pringsewu di Lampung, Sabtu (2/3). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com, PRINGSEWU - Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin (TKN Jokowi - Ma'ruf) Hasto Kristiyanto blusukan ke Pasar Sayur Pringsewu di Lampung, Sabtu (2/3). Dalam blusukan ini, Hasto menanyakan stabilitas harga dan stok pangan.

Dari blusukan itu Hasto mengaku tak menemukan persoalan terkait stok dan harga pangan. Sekretaris jenderal PDI Perjuangan itu meyakini kondisi tersebut tak terlepas dari upaya terus-menerus pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

Hasto menuturkan, pemerintah saat ini berupaya meningkatkan kualitas pangan. Caranya melalui pengembangan teknologi.

Sebagai contohnya adalah teknologi untuk menjaga ketahanan bawang. Menurut Hasto, ada sahabat dekat Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang membuat mesin untuk mampertahankan bawang agar tak lekas busuk.

"Bawang merah, bawang putih itu bisa disimpan dalam suatu ruangan dan itu bisa tahan untuk tiga sampai lima bulan tidak busuk," kata Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan, alat pengawet bawang itu sangat ekonomis dan ramah lingkungan. Nantinya, Megawati akan meresmikan langsung alat tersebut.

"Itu pesanan Ibu Megawati untuk membantu petani-petani bawang," jelas dia.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, berbicara soal ketahanan pangan tidak melulu sekadar menolak impor. Menurutnya, harus ada sistem untuk mewujudkan swasembada pangan.

Sahabat dekat Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang membuat mesin untuk mampertahankan bawang agar tak lekas busuk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News