Boikot Produk Israel? Konteksnya Apa?

Boikot Produk Israel? Konteksnya Apa?
Ketua Komisi I DPR RI Mahfuz Sidik. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI Mahfuz Sidik meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan terlebih dahulu konteks seruan memboikot produk-produk Israel sebagaimana yang diucapkan saat menutup Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa ke-5 OKI di Jakarta Convention Center.

"Presiden sudah menyerukan Indonesia memboikot produk-produk Israel. Sebelum aksi boikot tersebut dilakukan, saya minta jelaskan lebih dahulu, apa itu seruan moral atau akan keluar peraturan presidennya. Itu yang harus dilihat," kata Mahfuz, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (8/3).

Kalau boikot tersebut hanya sebatas seruan moral lanjutnya, tidak ada alat ukur dan sanksinya. Selain itu, apakah ini menyangkut produk-produk konsumsi atau menyangkut produk pertahanan keamanan sebab ada alat penyadapan produk Israel yang dipakai oleh Indonesia.

"Secara relatif, Indonesia tidak tergantung dengan alat pertahanan produk Israel sebab Indonesia lebih banyak memakai produk Rusia dan Amerika Serikat. Justru yang banyak adalah produk konsumtif (dari Israel) meskipun dia bukan perusahaan yang berkedudukan di Israel, perusahaan multinasional tapi pemegang saham utamanya orang Israel. Itu perlu diperjelas," tegasnya.

Karena itu ujar politikus PKS ini, kalau hanya seruan moral, tidak perlu ada aturan detail. "Tapi kalau itu kebijakan politik, harus ada Perpres-nya biar tidak menciptakan kebingungan masyarakat," pungkasnya.(fas/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News