Bolehkah Makan Telur Saat Cacar Air?

Bolehkah Makan Telur Saat Cacar Air?
Telur. Foto: Pixabay

jpnn.com - Tak sedikit orang yang menganggap makan telur saat cacar air justru akan semakin memperburuk kondisi tersebut.

Entah dari mana pernyataan ini berasal. Namun, apa mitos itu memang benar?

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Kondisi ini sangat menular, tetapi bisa sembuh dengan sendirinya tanpa obat (meski tidak semua kasus). Asalkan penderitanya menerapkan pola hidup sehat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, maka cacar air dapat diatasi.

Mengenal gejala cacar air

Gejala awal cacar air meliputi demam ringan hingga demam tinggi. Selanjutnya, timbul bintik kecil meradang yang berisi cairan berwarna putih dan terkadang terasa gatal.

Umumnya cacar air diderita oleh anak-anak karena daya tahan tubuh mereka yang belum sempurna. Namun, bukan berarti tidak bisa dialami oleh orang dewasa. Cacar air bisa diderita oleh semua orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

Cacar air termasuk penyakit yang mudah menular, yakni melalui kontak langsung atau bisa juga lewat udara. Bagi mereka yang belum pernah menderita cacar air atau belum pernah menerima vaksin cacar air, risiko untuk terkena cacar air bisa meningkat.

Oleh karena itu, biasanya dokter menyarankan penderita cacar air untuk istirahat total di rumah. Selain mempercepat penyembuhan, tidak berinteraksi dengan orang sehat lainnya akan menurunkan risiko penularan.

Cacar air termasuk penyakit yang mudah menular, yakni melalui kontak langsung atau bisa juga lewat udara. Penderitanya pun dianjurkan menjaga makanan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News