Bolehkah Penderita Diabetes Santap Makanan Bersantan?

Bolehkah Penderita Diabetes Santap Makanan Bersantan?
Ilustrasi logo diabetes. Foto: Antara

jpnn.com - Pengidap diabetes harus menjaga pola makan sehat serta menghindari sejumlah asupan yang dapat memperburuk kondisi penderitanya, seperti alkohol, soda, dan nasi. 

Lalu, bagaimana dengan santan? Bolehkah penderita diabetes makan santan?

Santan merupakan bahan makanan berbentuk cairan yang diperoleh dengan cara memarut, memeras, dan menyaring daging kelapa.

Santan memiliki cita rasa gurih dan kerap digunakan untuk membuat aneka makanan.

Misalnya, santan kental digunakan untuk membuat opor, nasi uduk, dan gulai. Sementara itu, santan cair dapat digunakan untuk membuat puding.

Beberapa jenis santan kental olahan, mengutip Diabetes.co.uk, mengandung pengemulsi yang mungkin buruk bagi kesehatan usus, serta dapat meningkatkan risiko obesitas dan sindrom metabolik.

Berdasarkan Healthline, sindrom metabolik merupakan gangguan kesehatan yang terjadi secara bersamaan seperti tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, resistensi insulin, lemak berlebih di sekitar pinggang, hingga kadar kolesterol tidak normal.

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung, strok, penyakit ginjal, pengerasan pembuluh darah, hati berlemak non-alkohol, arteri perifer, hingga penyakit kardiovaskular.

Pengidap diabetes harus menjaga pola makan sehat serta menghindari sejumlah asupan yang dapat memperburuk kondisi penderitanya, seperti alkohol, soda, dan nasi.

Sumber klikdokter