Bom Ikan yang Dirakit Meledak, Hanafi Tewas

Bom Ikan yang Dirakit Meledak, Hanafi Tewas
Kondisi rumah Hanafi di Desa Kilensari setelah dihantam bom ikan rakitan. Foto: Rendra Kurnia/Radar Banyuwangi/jpnn

jpnn.com - SITUBONDO – Ledakan dahsyat menghancurkan rumah milik Hanafi, warga Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Selasa malam (11/11). Ledakan itu terjadi saat Hanafi (45), merakit bom ikan di ruang belakang rumahnya.

Akibatnya, rumah milik Hanafi hancur. Dua orang menjadi korban ledakan. Sang pemilik rumah, Hanafi, tertimbun reruntuhan rumah dan mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya. Dia akhirnya meninggal saat dirawat di rumah sakit. Korban lain adalah Jasid (18), anak Hanafi, yang terluka di tangan dan kepala karena tertimpa bangunan.

Karena ledakan tersebut begitu dahsyat, tanah di sekitar lokasi bergetar. Suara ledakan itu juga terdengar hingga radius 500 meter. Bagian belakang rumah korban pun berantakan.

"Bapak saya memang perakit bom ikan. Tetapi, bukan dipakai sendiri, melainkan dikirim ke luar daerah. Biasanya merakit bom ikan setelah mendapat pesanan. (Saya) tidak tahu persis dikirim ke mana. Kalau sudah selesai (dibuat), ada yang ngambil di rumah," jelas Jasid kepada wartawan saat ditemui di Mapolsek Panarukan kemarin (12/11).

Dia menuturkan, ledakan bom ikan yang menghancurkan rumahnya itu membuat bapaknya tertimpa reruntuhan bangunan yang hancur. Ledakan dahsyat di RT 2, RW 2, Dusun Kilen Selatan, Desa Kilensari, tersebut lantas mengundang puluhan warga untuk mendatangi sumber suara.

Namun, warga yang tiba di sekitar lokasi tidak langsung menolong Hanafi dan Jasid. Sebab, mereka khawatir terjadi ledakan susulan.

"Saat kejadian, saya sedang lihat TV (di ruang tengah). Setelah meledak, warga yang datang tidak langsung masuk karena takut. Setelah sekitar 5–10 menit, warga baru masuk untuk menolong," ungkap Jasid.

Dalam proses evakuasi itu, warga mengambil potongan kayu, batu bata, dan genting yang menimbun Hanafi dan anaknya. Selanjutnya, Hanafi dilarikan ke IGD RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo karena lukanya sangat parah.

SITUBONDO – Ledakan dahsyat menghancurkan rumah milik Hanafi, warga Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Selasa malam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News