Bonita dan Antan Bintang Dikembalikan ke Habitannya

Bonita dan Antan Bintang Dikembalikan ke Habitannya
Proses pelepasliaran Harimau Sumatera oleh KLHK. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya - Yayasan ARSARI Djojohadikusumo (PR-HSD Yayasan ARSARI) melepasliarkan dua ekor Harimau Sumatera ke hutan di Riau, Senin (29/7).

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK Wiratno mengatakan, dua ekor harimau itu bernama Bonita (betina) dengan usia delapan tahun dan Atan Bintang (jantan) berusia empat tahun.

BACA JUGA: Final Piala Indonesia: PSM Minta Tetap Main di Makassar, Persija Usulkan tanpa Penonton

Sebelumnya, kedua harimau tersebut telah menjalani serangkaian proses penyelamatan dan proses rehabilitasi.

“Pelestarian satwa dapat berhasil apabila semua pihak bekerja bersama. Saat ini populasi Harimau Sumatera di habitat alaminya tersisa 603 individu yang tersebar di 23 kantong habitat,” kata Wiratno dalam keterangannya, Senin.

Wiratno menuturkan, harimau bernama Bonita diselamatkan dari areal kebun PT. TH Indo Plantations, Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir pada 3 Januari 2018. Sementara Atan Bintang dievakuasi dari pemukiman warga pada 18 November 2018 di Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir.

Keduanya kemudian dilakukan rehabilitasi di PR-HSD. Secara total, pelepasliaran sepasang harimau ini menambah jumlah harimau yang dilepasliarkan ke habitat alaminya hasil dari rehabilitasi di PR-HSD menjadi empat individu.

Hashim Djojohadikusumo selaku penggagas dan pendiri PR-HSD menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus membantu pemerintah melestarikan dan menambah jumlah populasi Harimau Sumatera.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya - Yayasan ARSARI Djojohadikusumo (PR-HSD Yayasan ARSARI) melepasliarkan dua ekor Harimau Sumatera ke hutan di Riau, Senin (29/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News