Harimau Sumatera yang Tersisa di Sumut Diperkirakan Hanya 35 Ekor

Harimau Sumatera yang Tersisa di Sumut Diperkirakan Hanya 35 Ekor
Harimau Sumatera. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, SUMATERA UTARA - Penyerangan Harimau Sumatera di Kecamatan Ulu Barumun dan Sosopan, Kabupaten Padanglawas, menambah panjang daftar kasus konflik warga dan hewan buas yang dilindungi itu.

“Empat sampai lima kali kejadian (penyerangan Harimau Sumatera) tahun ini, tapi yang memakan korban warga dua yang terakhir ini, sebelumnya menerkam ternak,” kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut) Hotmauli Sianturi, Senin (27/5/2019).

Hotmauli menjelaskan, konflik hewan buas dan warga ditengarai ada beberapa faktor, di antaranya soal perdagangan hewan langka yang kulit atau organ lainnya diperdagangkan, atau murni perebutan lahan atau pakan.

BACA JUGA: BBKSDA Pastikan tidak Evakuasi Harimau yang Tewaskan Warga

Dengan banyaknya kasus yang sudah terjadi, populasi Harimau Sumatera semakin berkurang. Hotmauli memperkirakan ada sekira 35 lagi Harimau Sumatera yang ada di Sumut.

“Kita tidak bisa hitung satu persatu. Ini masih perkiraan, kita ada metode untuk menghitungnya,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, puluhan ekor harimau tersebut tersebar di beberapa wilayah di Sumatera Utara, seperti Kawasan Suaka Margasatwa, Desa Barumun, masih ada 8 ekor. “Ini yang berbatasan dengan kawasan yang dua kasus konflik terakhir,” tambahnya.

BACA JUGA: Pekerja PT Riau Indo Agropalma Tewas Diterkam Harimau Sumatera

Konflik hewan buas dan warga ditengarai ada beberapa faktor, di antaranya soal perdagangan hewan langka yang kulit atau organ lainnya diperdagangkan, atau murni perebutan lahan atau pakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News