BP2MI Memfasilitasi Pemulangan PMI Fredy Suwarno yang Meninggal di Pesawat

BP2MI Memfasilitasi Pemulangan PMI Fredy Suwarno yang Meninggal di Pesawat
Suasana pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Fredy Suwarno (36) asal Batang, Jawa Tengah yang meninggal dunia di pesawat C761 Airbrus China Airlines 50 dengan rute penerbangan Taiwan - Jakarta. Foto: Humas BP2MI

jpnn.com, JAKARTA - Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Fredy Suwarno (36) asal Batang, Jawa Tengah meninggal dunia di pesawat C761 Airbrus China Airlines 50 dengan rute penerbangan Taiwan - Jakarta.

Diketahui PMI Fredy Suwarno meninggal dunia akibat penyakit getah bening ketika sedang dalam penerbangan dari Taiwan ke Indonesia pada Jumat (22/7/2022).

Direktur Penempatan Nonpemerintah Kawasan Asia dan Afrika BP2MI Devriel Sogia menyatakan BP2MI melalui Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran (BP3MI) Banten dan Jawa Tengah, telah memfasilitasi kepulangan jenazah PMI Fredy Suwarno hingga ke daerah asalnya di Batang, Jawa Tengah.

“Detention center di Taiwan dan Kantor Kantor  Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei pun, tidak melakukan pemulangan PMI yang sedang sakit. Jadi, kemungkinan PMI tersebut, pulang secara mandiri, dengan terlebih dahulu membayar denda dan membeli tiket kepulangan ke Indonesia,” ujar Devriel Sogia.

Menurut Devriel, setelah proses oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara selesai, maka jenazah segera dipulangkan ke daerah asalnya.

BP3MI Serang sudah melakukan koordinasi dengan BP3MI Jawa Tengah di Semarang dalam hal fasilitasi pengiriman dan penerimaan jenazah. Sekarang jenazah sudah tiba dirumah duka,” pungkas Devriel.

Terpisah, Slamet Suwarno, ayah kandung almarhum mengaku sedih atas meninggalnya putranya.

Namun, dia mengucapkan terima kasih atas pelayanan yang diberikan oleh BP2MI sehingga almarhum sampai ke rumah kendati sudah meninggal.

Seorang PMI Fredy Suwarno (36) asal Batang, Jawa Tengah meninggal dunia di pesawat C761 Airbrus China Airlines 50 dengan rute penerbangan Taiwan - Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News