BPK Ingin Tahu Cara Tentara Urus Uang

Seminar Perbaikan Pengelolaan Keuangan

BPK Ingin Tahu Cara Tentara Urus Uang
BPK Ingin Tahu Cara Tentara Urus Uang
JAKARTA--Dalam seminar nasional  mengenai transparansi dan akubilitas keuangan negara/daerah melalui pengembangan SDM yang akan digelar Rabu (22/7), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI direncanakan akan mengundang empat orang menteri. Keempatnya adalah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto, Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) Taufiq Effendi, dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

“Di dalam acara tersebut juga akan dihadiri oleh beberapa kepala daerah,” ujar Kaditama Revbang Diklat PKN BPK RI, Daeng M Nazier kepada wartawan, di kantornya, Selasa (21/7). Dia menjelaskan alasan diundangkan keempat menteri tersebut. “Dengan diundangnya Menhan kita ingin mengetahui bagaimana cara mereka menyelesaikan masalah keuangan.Kita ingin dengar pengalaman di sana, bagaimana tentara mengurus keuangan, bagaimana menyusun anggaran dan menggunakannya. Maka kita bisa menilai transaparansi dan akuntabilitasnya,” jelasnya.

Mendagri akan lebih fokus memberikan penjelasan mengenai keuangan daerah. Menkeu Sri Mulyani, lanjut dia, juga didaulat untuk memberikan penjelasan mengenai sistem keuangan negara.

“Intinya, dari ketiga menteri yakni Menhan, Mendagri dan Menkeu harus dapat memberikan atau menceritakan bagaimana kiat-kiatnya dalam mengelola keuangan negara serta pengembangan SDM yang sebaiknya dilakukan saat ini,” imbuhnya. Sekadar untuk diketahui, dalam masalah pengembangan SDM dan menciptakan sistem keuangan yang bersih di daerah, BPK juga telah melakukan roadshow di beberapa daerah.

JAKARTA--Dalam seminar nasional  mengenai transparansi dan akubilitas keuangan negara/daerah melalui pengembangan SDM yang akan digelar Rabu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News