BPK Temukan 801 Transaksi Mencurigakan dari 45 Anak Usaha BUMN

BPK Temukan 801 Transaksi Mencurigakan dari 45 Anak Usaha BUMN
Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Presiden Joko Widodo. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) telah memeriksa 45 anak usaha Badan Usaha Milik negara (BUMN), dari pemeriksaan tersebut didapati ada 801 temuan transaksi yang digunakan untuk kepentingan tertentu. Mendapati temuan tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno merasa terbantu.

"Kami sangat merasa terbantukan dengan dukungan besar dari BPK ini," ujar Rini di kantornya, Jakarta, Jumat (16/1).

Temuan-temuan tersebut kata Rini dimaknai sebagai upaya agar perusahaan pelat merah benar-benar 'bersih' dan transparan dalam menjalankan kinerjanya. Mengingat BUMN merupakan perusahaan milik negara.

"Kami berharap BUMN-BUMN kami sehat dengan komunikasi yang sehat. BPK dalam kepemimpinan Pak Achsanul bisa bekerjasama menciptakan BUMN-BUMN yang menerapkan transparansi serta bisa menjalankan fungsinya. Tentunya juga saya katakan bahwa anak perusahaan ini harus juga diperharikan," terang dia.

Temuan-temuan tersebut diakui Rini sudah berlangsung cukup lama, sehingga agak menyulitkan pihaknya maupun BPK untuk mendalami temuan tersebut. Terlebih, ada beberapa temuan yang menyangkut lembaga lain ataupun sudah masuk ke ranah hukum.

"Transaksinya kebanyakan sudah lama, dari tahun 1990-2000 an jadi sangat sulit. Sayangnya ini temuan lama dan didiamkan. Maka harus diselesaikan dan dijelaskan," tandas dia. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) telah memeriksa 45 anak usaha Badan Usaha Milik negara (BUMN), dari pemeriksaan tersebut didapati ada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News