BPKP Memang Layani Penyidik

BPKP Memang Layani Penyidik
BPKP Memang Layani Penyidik

jpnn.com - JAKARTA - Koordinator Bidang Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Ucok Sky Khadafi tidak sependapat dengan pernyataan sejumlah terdakwa kasus korupsi di sejumlah daerah di Sumatera Utara (Sumut) yang mengaku menjadi ‘korban’ tim audit investigasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumut.

Ucok juga tidak setuju dengan tudingan yang menyebut BPKP bekerja hanya sesuai pesanan penyidik, dalam konotasi negatif.

Dijelaskan Ucok, dalam menghitung kerugian negara, auditor investigasi BPKP memang bekerja disesuaikan dengan konstruksi hukum yang sudah disusun penyidik.

"Ya memang sesuai pesanan penyidik agar investigasi yang dilakukan bisa menemukan angka kerugian negara. Jadi investigasi harus disesuaikan dengan surat dakwaan, biar nyambung," ujar Ucok kepada JPNN kemarin (10/6).

Hasil investigasi laporan keuangan, lanjutnya, juga sudah pasti beda dengan audit investigasi, yang memang menggunakan metode khusus, tidak hanya berpatokan pada data-data yang ada.

"Audit investigasi itu fokus, biasanya langsung ke lapangan. Misal mengecek dugaan mark up, maka auditor langsung datang ke tokonya, tidak sekedar melihat kwitansi pembelian. Harganya dicek dan dibandingkan dengan harga di toko lain. Kalau lebih mahal dibanding harga pasaran, berarti ada dugaan mark up," terang Ucok.

Ucok mengatakan, jika para terdakwa ingin menyanggah dengan menyerang hasil temuan audit investigasi, hal itu tidak tepat dan tidak akan efektif.

"Kalau mau menyanggah, ya bikin hitungan versi dia, bisa menggunakan auditor juga. Nanti hasil versi dia itu diadu di pengadilan dengan versinya jaksa, biar hakim yang menilai. Kalau hanya cuap-cuap tanpa data, ya itu hanya upaya membangun citra saja agar dinilai bersih, agar dinilai bukan koruptor," beber Ucok.

JAKARTA - Koordinator Bidang Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Ucok Sky Khadafi tidak sependapat dengan pernyataan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News