Brasil Tak Bisa Pandang Enteng Paraguay

Brasil Tak Bisa Pandang Enteng Paraguay
Philippe Coutinho (tengah), saat sesi latihan bersama skuat Brasil. Foto: AFP

jpnn.com, SAO PAULO - Tiket lolos ke Piala Dunia 2018 sudah di depan mata Timnas Brasil. Neymar Cs tinggal mengamankan dua laga kandangnya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL.

Namun apakah semudah itu skuat Canarinho (salah satu julukan timnas Brasil) memastikan diri boleh terbang ke Rusia. No..no..no!

Rintangan terdekat adalah saat Brasil menjalani matchday ke-14 kualifikasi, menjamu Paraguay di Arena Corinthians, Sao Paulo, Rabu (29/3) mulai pukul 07.45 WIB. ''Kami harusnya lebih fokus pada Paraguay. Karena saat ini semua rival akan mencoba mempersulit pertandingan begitu harus melawan Brasil,'' kata forward Brasil Philippe Coutinho dikutip Fox Sports.

Benar kata Coutinho. Ingat siapa Paraguay. Tim berjuluk Los Guaranies itu sudah akrab dengan citra sebagai perusak pestanya Brasil. Ya, sejak 2009 Brasil tidak pernah bisa berhasil mengalahkan tim berperingkat 43 FIFA itu. Empat kali berjumpa, dua kali Paraguay berhasil mempecundangi Brasil, dua lainnya berakhir imbang.

Bahkan, pada pertemuan terakhirnya dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 di Estadio Defensores del Chaco, Asuncion, 30 Maret silam, Brasil nyaris tumbang andai Dani Alves tidak menciptakan gol di menit kedua injury time babak kedua yang menyamakan kedudukan. Alves tidak akan main besok. Bek kanan Juventus itu absen karena akumulasi kartu. Fagner yang akan mengganti posisi Alves.

Coutinho menggaris bawahi performa Paulo da Silva dkk yang tengah on fire. ''Sungguh, besok akan jadi laga yang sulit. Mereka pekan lalu menang (atas Ekuador 2-1), dan mereka masih mempunyai peluang untuk lolos (ke Piala Dunia),'' kata pemain Liverpool itu.

Ya, di klasemen sementara, Paraguay berada di peringkat ke-7 dari sepuluh negara peserta kualifikasi. Paraguay mengoleksi 18 poin dari 13 pertandingan. Jarak dengan Kolombia, yang berada di peringkat keempat sementara (jatah terakhir lolos otomatis ke Rusia) cuma tiga angka. Kolombia punya 21 poin.

Sementara dengan Ekuador yang menempati peringkat kelima sementara (jatah play off dengan zona lain), Paraguay hanya berjarak dua poin. "Mereka pasti akan mencoba memenangi pertandingan lagi," tandas Coutinho. (ren/jpnn)


Tiket lolos ke Piala Dunia 2018 sudah di depan mata Timnas Brasil. Neymar Cs tinggal mengamankan dua laga kandangnya dalam Kualifikasi Piala Dunia


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News