BRI Siap Sukseskan Program Tapera

BRI Siap Sukseskan Program Tapera
Bank BRI. Foto dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) berkomitmen turut menyukseskan program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Hal ini sejalan dengan ditunjuknya BRI sebagai oleh Kustodian Sentra Efek Indonesia (KSEI) dan BP Tapera untuk menyediakan layanan pengelolaan dana Tapera dalam bentuk Bank Kustodian.

Tapera merupakan program pemerintah untuk menyediakan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui penyelenggaraan tabungan perumahan.

Corporate Secretary BRI Amam Sukriyanto mengatakan, pengelolaan Tapera diamanatkan kepada BP Tapera berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat.

Adapun mekanisme pengelolaan dana Tapera sejalan dengan mekanisme pengelolaan industri investasi yang diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Amam menjelaskan, dengan memberikan layanan Bank Kustodian, perseroan berpartisipasi secara aktif menyukseskan program Tapera.

"Ini merupakan dukungan nyata BRI terhadap pemerintah dalam menyediakan hunian atau rumah yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia," kata Amam dalam siaran persnya, Jumat (5/6).

"Di sisi lain, BRI menyambut baik sinergi dengan KSEI dan BP Tapera, di mana kami berkomitmen untuk menjadi one stop financial solutions melalui berbagai produk dan layanan yang prima, termasuk salah satunya menjadi Bank Kustodian," imbuhnya.

Hingga akhir 2019, aset kelolaan kustodian BRI mencapai Rp386,07 Triliun atau tumbuh 7,5 persen secara tahunan (year on year/yoy) dibandingkan 2018 yang sebesar Rp359,11 triliun.

Dari pengelolaan aset tersebut, Kustodian BRI memperoleh pendapatan berbasis komisi (fee based income) sebesar Rp113,3 miliar, atau naik 15,65 persen dari 2018 yang sebesar Rp98,34 miliar.(IKL/JPNN)

Hal ini sejalan dengan ditunjuknya BRI sebagai oleh Kustodian Sentra Efek Indonesia (KSEI) dan BP Tapera untuk menyediakan layanan pengelolaan dana Tapera dalam bentuk Bank Kustodian.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News