BRI Tegaskan Penerapan Prinsip ESG Selaras dengan Strategi Korporasi

BRI Tegaskan Penerapan Prinsip ESG Selaras dengan Strategi Korporasi
BRI memastikan memperkuat komitmen penerapan prinsip ESG dan menyelaraskannya dengan strategi korporasi. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memastikan memperkuat komitmen penerapan prinsip Environmental, Social And Governance atau ESG dan menyelaraskannya dengan strategi korporasi.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto dalam acara side event Presidensi G20 Indonesia yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) dengan tema Green and Sustainable Instruments as Alternative Financing and Investment & Indonesia’s SF Future Direction pada 18 Februari 2022 lalu.

Solichin menjelaskan BRI prinsip ESG secara garis besar sudah diimplementasikan baik di sisi aset, liabilitas, operasional, maupun sumber daya manusia.

Dia pun menekankan poin penerapan prinsip bisnis berkelanjutan tersebut, yakni perseroan harus mengetahui dan paham framework-nya.

“Kemudian framework itu harus menjadi bagian dari corporate strategy, jadi bukan asal ikut tren. Jadi, yang pertama harus kami dudukkan dulu bahwa apa yang kami lakukan dalam ESG initiatives itu harus bagian dari corporate strategy,” ujarnya.

Solichin mencontohkan hal tersebut yang melatarbelakangi BRI dalam merilis sustainability bond pada 2019 dan tidak memilih green bond atau social bond.

"Ada identifikasi proyek-proyek yang dilakukan perseroan ke depan sesuai dengan strategi korporasi yaitu menjadi bank UMKM," BEBERNYA.

BRI saat ini memiliki 84 persen portofolio penyaluran kredit perseroan adalah untuk segmen UMKM.

BRI memastikan memperkuat komitmen penerapan prinsip ESG dan menyelaraskannya dengan strategi korporasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News