BRIN Siap Menjembatani Industri dan Masyarakat dalam Komersialisasi Produk Riset

BRIN Siap Menjembatani Industri dan Masyarakat dalam Komersialisasi Produk Riset
Plt Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN Mego Pinandito. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berharap menjadi jembatan bagi industri dan masyarakat termasuk peneliti agar produknya bisa sampai tahap komersialisasi. Harapannya, hasil riset membuahkan sebuah produk yang manfaatnya dirasakan masyarakat.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN Mego Pinandito mengatakan, industri atau pelaku usaha bisa memakai fasilitas riset yang ada di BRIN dan sumber dayanya. Termasuk periset untuk memecahkan masalah yang dihadapi. 

"Jadi tidak perlu membangun fasilitas sendiri," ujar Mego Pinandito dalam Pekan Riset Sawit Indonesia 2021 di Jakarta, yang digelar secara daring, Rabu (17/11).

Dikatakannya, infrastruktur atau fasilitas riset yang dimiliki BRIN, merupakan platform terbuka untuk kolaborasi dalam negeri dan internasional guna mendukung penciptaan teknologi dan inovasi. 

Di sisi lain, industri juga bisa memanfaatkan hibah uji klinis atau uji fungsi dengan fasilitas dari BRIN hingga proses penciptaan prototipe berhasil.

BRIN juga akan mendukung dan mengawal pengembangan teknologi dan inovasi mulai dari riset dasar. Kemudian memastikan bahwa konsep yang dibuat sudah benar, sesuai prosedur, hingga teknologi dan inovasi tersebut berkembang menjadi produk komersial.

"Dengan riset dan inovasi yang maju, diharapkan daya saing bangsa Indonesia meningkat, sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat dengan basis inovasi," katanya.

Pada kesempatan sama Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Eddy Abdurrachman menyampaikan bahwa tujuan utama dari pelaksanaan pekan riset sawit Indonesia (Perisai) adalah untuk mendorong riset-riset sawit yang telah didanai BPDPKS lebih cepat dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan kelapa sawit.

BRIN ingin hasil riset dihilirisasi menjadi produk komersial karena itu BRIN siap menjembatani industri dan masyarakat termasuk peneliti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News