Broadband Potensial Datangkan Investasi

Broadband Potensial Datangkan Investasi
Broadband Potensial Datangkan Investasi
JAKARTA- Pertumbuhan jaringan internet kecepatan tinggi (broadband) di Indonesia lebih cepat dari sumbangan pertumbuhan ekonomi sektor infrastruktur. Bahkan, broadband telah menjadi gerbang investasi baru di tanah air.

"Broadband plan berpotensi mendatangkan investasi tambahan untuk ekonomi nasional. Hingga tahun 2014, potensinya diperkirakan sebesar Rp450 triliun dari target PDB nominal Rp10,854 triliun. Broadband juga diperkirakan bisa menambah investasi sebesar Rp96 triliun sampai dengan Rp169,5 triliun," kata Staf ahli telematika Kemenko Ekonomi, Eddy Satria.

Jika konsep broadband bisa diterapkan secara ideal, maka potensi penghematan biaya sampai Rp73,5 triliun diperkirakan bisa tercapai. Untuk membangun semua ini, pemerintah membutuhkan investasi tinggi guna menyediakan infrastruktur.

"Diharapkan alokasi dari APBN sebesar 8 persen dari total investasi. Sedangkan 92 persen lainnya dari dana swasta," kata Eddy.

JAKARTA- Pertumbuhan jaringan internet kecepatan tinggi (broadband) di Indonesia lebih cepat dari sumbangan pertumbuhan ekonomi sektor infrastruktur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News