Broker Suara Pemilu 2019 Sudah Bergerak

Broker Suara Pemilu 2019 Sudah Bergerak
Waspadai politik uang di Pemilu 2019. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Praktik politik uang dalam pemilu 17 April 2019 berpotensi besar bakal terjadi. Hal itu ditandai dengan masifnya gerakan broker suara. Sejumlah warga mengaku dimintai fotokopi KTP dengan dalih untuk mendukung salah satu calon anggota legislatif, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi. Warga juga diimingi uang.

”Memang sebelumnya ada yang minta fotokopi KTP. Katanya untuk dukungan ke caleg. Nanti ada uangnya kalau disetujui caleg itu,” kata Rahmad, warga Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng.

Menurutnya, hal demikian dilakukan sejumlah orang. Selain itu, caleg yang disebut-sebut meminta bukti KTP itu juga tidak hanya dari satu partai. ”Banyak mas yang seperti itu. Tidak hanya satu dua caleg. Kalau datang ke saya sekeluarga ini, tidak kurang dari empat orang yang katanya utusan caleg,” tuturnya.

Rahmad mengaku tidak mau ambil pusing. Ketika diminta KTP, dia langsung memberikan. ”Kadang mereka sendiri yang foto kopikan. Ada juga yang hanya foto KTP kami. Saya sih tak keberatan. Kalau ada uangnya, ya saya ambil saja,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan warga lainnya, Nurdewi. Dia juga mengaku didatangi sejumlah orang dari tim sukses salah satu caleg. Oknum itu menjanjikan sejumlah uang kepadanya asalkan memberikan KTP dan saat pemilu nanti mencoblos caleg yang diarahkan.

”Yang disuruh coblos itu tidak hanya satu caleg. Mereka punya paket DPRD kabupaten, provinsi, dan pusat. Katanya sepaket itu minta didukung. Kalau mau, nanti ada biaya transport,” kata dia.

BACA JUGA: Pengurus Forum Honorer K2 Sudah Aktif jadi Relawan Ganti Presiden

Dia mengaku tidak mengetahui besaran uang yang dijanjikan. Selain itu, iming-iming tersebut belum ada kejelasan. ”Itu sudah didata kira-kira Januari lalu. Sampai sekarang orangnya gak muncul lagi,” katanya.

Broker suara yang mengaku utusan caleg sudah bergerak, politik uang tampaknya bakal marak di pemilu 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News