Brrr, Asia Timur Membeku

Brrr, Asia Timur Membeku
Brrr, Asia Timur Membeku

TOKYO – Suhu ekstrem hingga di bawah 0 derajat Celcius yang melanda kawasan Asia Timur terus memakan korban. Mulai dari kematian, pembatalan penerbangan, hingga kekacauan luar biasa. Kematian paling mengenaskan terkait suhu udara menggigil dilaporkan terjadi di Jepang dan Taiwan. Di Jepang, lima orang tewas dan lebih dari seratus orang cedera Minggu lalu (24/1). 

Di akhir pekan itu hujan salju lebat dan suhu udara rendah menyergap wilayah barat dan tengah. Salju juga di luar perkiraan ahli cuaca turun di wilayah-wilayah subtropis Jepang. Pulau Amami kejatuhan salju untuk kali pertama sejak 1901.

Badai salju juga menyapu sebagian besar Pulau Okinawa di Jepang. Sebelumnya di Okinawa tidak pernah turun salju. Akibat badai tersebut, lebih dari 600 penerbangan domestik sejak Minggu hingga kemarin ditunda.

Di Taiwan, suhu udara dilaporkan mencapai 4 derajat Celsius sepanjang akhir pekan lalu atau terdingin dalam 44 tahun. Karena itulah, banyak penduduk yang tidak siap. Terlebih, mayoritas rumah penduduk tidak memiliki pemanas ruangan. Ketebalan salju di jalanan mencapai 9 sentimeter.
 

TOKYO – Suhu ekstrem hingga di bawah 0 derajat Celcius yang melanda kawasan Asia Timur terus memakan korban. Mulai dari kematian, pembatalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News