Brunei Tawarkan Ekspor Produk Peternakan

Brunei Tawarkan Ekspor Produk Peternakan
Brunei Tawarkan Ekspor Produk Peternakan
PONTIANAK - Brunei menawari Kalimantan Barat untuk bekerjasama dalam ekspor produk peternakan ke Timur Tengah. Menurut Plt Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kalbar, Syahaldin, Brunei sudah mengantongi sertifikat halal sehingga dapat melakukan ekspor ke Timur Tengah.

Dalam bingkai kerjasama yang diusulkan, Kalbar dapat memanfaatkan sertifikat halal milik Brunei tersebut dan mengekspor produk peternakan ke Timur Tengah. Kerjasama juga dapat dalam bentuk investasi sektor peternakan dari Brunei di Kalbar untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

“Sayang sekali jika kesempatan ini tidak kita manfaatkan. Selama ini sertifikat halal Brunei itu justru banyak dimanfaatkan oleh Australia dan Brazil,” katanya kemarin. Syahaldin juga menyebutkan, kebutuhan produk unggas dan daging di Timur Tengah terbilang tinggi sehingga negara-negara tersebut merupakan pangsa pasar yang potensial untuk produk peternakan Kalbar.

Rencana kerjasama ini akan dibicarakan lebih lanjut dalam pertemuan BIMP-EAGA (Brunei, Indonesia, Malaysia, Philipina-East Asia Growth Area) di tahun ini. Menurut Syahaldin, Kalbar memang dipercaya kembali untuk menjadi tuan rumah pertemuan BIMP-EAGA kluster UKM pada 18-22 April 2012.

 

PONTIANAK - Brunei menawari Kalimantan Barat untuk bekerjasama dalam ekspor produk peternakan ke Timur Tengah. Menurut Plt Kepala Dinas Koperasi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News