BSKDN Kemendagri Minta Pemda Berinovasi untuk Memacu Pertumbuhan Wirausaha

BSKDN Kemendagri Minta Pemda Berinovasi untuk Memacu Pertumbuhan Wirausaha
Refreshment Manajemen Pemerintahan Tahun 2023 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan yang mengusung tema “Inovasi sebagai Tolak Ukur Kinerja Pemerintah Daerah yang Efektif” tersebut berlangsung di Hotel Grand Mercure Malang Mirama pada Kamis, (12/1). Foto: Dok BSKDN Kemendagri

jpnn.com, MALANG - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meminta pemerintah daerah terus berinovasi dan memanfaatkan berbagai potensi wilayahnya.

Yusharto mengatakan upaya itu dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan wirausaha dalam menyongsong kemajuan bangsa.

Hal itu disampaikan Yusharto saat menjadi narasumber pada kegiatan Refreshment Manajemen Pemerintahan Tahun 2023 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan yang mengusung tema “Inovasi sebagai Tolak Ukur Kinerja Pemerintah Daerah yang Efektif” tersebut berlangsung di Hotel Grand Mercure Malang Mirama pada Kamis, (12/1).

Yusharto mengungkapkan untuk membuat inovasi setiap pemda perlu mengubah mindset bahwa inovasi bukanlah suatu program atau kegiatan.

Namun, sesuatu yang harus ada dalam setiap program atau kegiatan. 

“Dengan mindset seperti itu, dia (inovasi) akan melekat dengan segala urusan yang ada di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) mulai dari lini terendah sampai dengan lini tertinggi di setiap organisasi,” ungkap Yusharto.

Yusharto menilai jika inovasi daerah terus ditingkatkan maka Indonesia dapat menjadi negara maju, setidaknya pada 2045 saat memasuki usia emas. 

Yusharto berharap pertumbuhan wirausaha di Indonesia bisa meningkat dengan berbagai inovasi pemda.

Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meminta pemerintah daerah terus berinovasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News