BSKDN Mendorong Pemkab Bangkalan Meningkatkan Sebaran Inovasi

BSKDN Mendorong Pemkab Bangkalan Meningkatkan Sebaran Inovasi
Sekretaris BSKDN Kemendagri Kurniasih mewakili Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo saat melakukan asistensi di Kabupaten Bangkalan, Jumat (17/3). Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - BANGKALAN – Sekretaris Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri Kurniasih mewakili Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, untuk meningkatkan sebaran inovasinya.

Kurniasih menyampaikan pesan tersebut saat melakukan asistensi di Kabupaten Bangkalan pada Jumat, 17 Maret 2023.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari langkah BSKDN Kemendagri melakukan asistensi berkelanjutan di sejumlah daerah yang mengalami penurunan skor, peringkat, dan aspek lainnya dari nilai Indeks Inovasi Daerah (IID).

Kurniasih mengungkapkan, berdasarkan data pelaporan IID 2022, Kabupaten Bangkalan mengalami penurunan pada aspek skor dan rangking IID.

Dikatakan, kondisi ini salah satunya karena sebaran inovasi yang belum merata di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Bangkalan.

"Dalam hal ini, BSKDN tengah melakukan program asistensi pembinaan dan pengawasan (Binwas) kepada daerah sejak tahun 2022.”

“Hal ini terkait dengan tiga indeks yang kita miliki yang sudah berjalan, yakni Indeks Inovasi Daerah (IID), Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah (IKKD), dan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD)," sambung Kurniasih, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/3).

Lebih lanjut dikatakan, BSKDN juga tengah mengembangkan Indeks Tata Kelola Pemerintahan Daerah (ITKPD).

Sekretaris BSKDN Kemendagri Kurniasih mewakili Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo meminta Pemkab Bangkalan meningkatkan sebaran inovasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News