BSN Dorong Percepatan Perumusan SNI Aksara yang Diajukan PANDI

BSN Dorong Percepatan Perumusan SNI Aksara yang Diajukan PANDI
Ilustrasi digitalisasi aksara nusantara. Foto: PANDI

jpnn.com, JAKARTA - Usulan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) tentang perumusan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk aksara nusantara mendapat respons baik dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Usulan tersebut secara resmi diajukan pada Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kementerian Perindustrian RI sebagai Sekretariat Komite Teknis 35-02 Komunikasi Digital.

Hasilnya, Sekretariat Komite Teknis 35-02 merespons sangat baik sambil mengajukan usulan mendesak untuk dua perumusan standar.

Bahkan, BSN mendorong percepatan perumusan SNI aksara nusantara, menyusul pengajuan Program Nasional Perumusan Standar (PNPS) dengan judul Tata Letak Papan Tombol Aksara Jawa dan Fon Aksara Jawa.

Berdasarkan perkembangan yang terjadi, PANDI akan mengajukan standar untuk aksara Jawa, Sunda, dan Bali itu secara bersamaan.

Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Elektroteknika, Transportasi, dan Teknologi Informasi BSN, Y Kristianto Widiwardono mengatakan pengusulan standar itu sebagai upaya melestarikan aksara-aksara nusantara.

“Standar itu ditujukan agar setiap karakter aksara dapat digunakan pada perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di platform, perangkat, dan aplikasi sehingga bagi penyedia perangkat lunak tersedia acuan dalam menampilkan karakter aksara tersebut secara utuh, dan bagi masyarakat jadi lebih mudah dalam penggunaannya,” ujar Kristianto dalam keterangan tertulis, Minggu (8/8).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Kerjasama, dan Marketing PANDI Heru Nugroho mengapresiasi respons BSN tersebut karena dinilai penting untuk bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

Usulan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) tentang perumusan SNI untuk aksara nusantara mendapat respons dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News