BTN Beri KPR Subsidi IB Bagi Para Imam dan Karyawan Masjid Istiqlal

BTN Beri KPR Subsidi IB Bagi Para Imam dan Karyawan Masjid Istiqlal
Penandatangan pemberian KPR BTN Subsidi iB disaksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Lana Winayanti, dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.Foto Ist

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (BTN) terus berupaya berkontribusi untuk mewujudkan Program Sejuta Rumah.

Kali ini, perseroan menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) Subsidi dengan skema syariah (iB) bagi para imam, mu’adzin, dan karyawan Masjid Istiqlal dengan uang muka ringan dan cicilan hanya sekitar Rp 775 ribu per bulan.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, pemberian KPR Subsidi iB melalui Unit Usaha Syariah (UUS) perseroan tersebut sebagai wujud kontribusi Bank BTN meningkatkan kesejahteraan umat.

UUS Bank BTN, lanjutnya, memberikan KPR Subsidi iB dengan uang muka 1 perse dan margin cicilan sebesar 5 persen selama 20 tahun. Dengan skema tersebut, para imam, mua’adzin, dan karyawan Masjid Istiqlal hanya perlu mengangsur sekitar Rp 775 ribu per bulan untuk bisa memiliki rumah.

“Mudah-mudahan proyek ini akan menjadi model untuk diterapkan di seluruh Indonesia dalam mendukung Gerakan Nasional Peduli Umat. Model ini juga bisa diterapkan lintas umat beragama dalam meningkatkan kesejahteraan antar umat, sehingga tujuan untuk mempertahankan NKRI dari dukungan lintas umat bersatu akan mudah tercapai,” ujar Maryono di Jakarta, Rabu (21/6).

Adapun, pemberian KPR BTN Subsidi iB ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) antara Bank BTN dengan Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal tentang Penyediaan Pembiayaan Perumahan Subsidi bagi Imam, Mu’adzin, dan Karyawan Masjid Istiqlal di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta.

Penandatangan disaksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Lana Winayanti, dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

Untuk tahap pertama, BTN akan merealisasikan KPR bagi 20 orang, yakni 10 orang Imam dan 10 Mu’adzin. Kemudian, untuk tahap kedua, UUS Bank BTN akan merealisasikan pemberian KPR BTN Subsidi iB untuk sekitar 80 karyawan Masjid Istiqlal.

“Sehingga akan ada 100 orang yang akan dibantu Bank BTN melalui KPR BTN Subsidi iB,” tutur Maryono.(chi/jpnn)


PT Bank Tabungan Negara (BTN) terus berupaya berkontribusi untuk mewujudkan Program Sejuta Rumah.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News