BTN Dominasi KPR Subsidi

BTN Dominasi KPR Subsidi
BTN Dominasi KPR Subsidi
JAKARTA - Sejumlah bank berambisi ikut mencicipi pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi tahun ini. Namun, Bank Tabungan Negara (BTN) yang selama ini menguasai 97 persen pangsa pasar KPR subsidi, mengaku siap mempertahankan dominasi.

         

"Untuk market share tetap kita maintain (pelihara) meski banyak yang tergiur. Sebab, posisi kita masih sangat kuat dengan porsi 97 persen. Kalau untuk KPR secara umum 27 persen," ujar Direktur Consumer Banking BTN Irman A. Zahiruddin di Jakarta kemarin. Apalagi, sejak lama BTN sudah menjadikan KPR sebagai bisnis inti (core business).

Seperti diwartakan, sejumlah bank tertarik menggarap KPR subsidi tahun ini. Di antaranya PT Bank Bukopin Tbk yang menargetkan penyaluran KPR subsidi untuk 50.000 unit rumah atau mencapai Rp 3 triliun melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahaan (FLPP). Demikian pula BRI yang siap meningkatkan penyaluran KPR hingga mencapai 40 persen pada 2011.

Keberhasilan BTN mendominasi pangsa pasar KPR di tanah air membuat Pefindo akhirnya menaikkan peringkat dari idAA- menjadi idAA untuk perusahaan serta obligasi yang diterbitkan. Pefindo melihat BTN memiliki kemampuan untuk memenuhi kewajiban finansial atas efek utang yang diterbitkan dan tidak terlalu terpengaruh oleh memburuknya perekonomian, bisnis, dan keuangan.

      

JAKARTA - Sejumlah bank berambisi ikut mencicipi pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi tahun ini. Namun, Bank Tabungan Negara (BTN)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News