Bu Connie Punya Info soal Strategi Mempertahankan Ibu Kota Baru RI

Bu Connie Punya Info soal Strategi Mempertahankan Ibu Kota Baru RI
Pengamat militer dan pertahanan Connie Rahakundini Bakrie dalam program Ngomong Politik kanal JPNN.com. Foto: YouTube/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat militer dan pertahanan Connie Rahakundini Bakrie punya info soal strategi mempertahankan ibu kota baru RI di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Saya terlibat di awal-awal penetapan IKN (ibu kota negara, red) bersama Bappenas," ujar Connie saat menjadi tamu acara Ngomong Politik kanal JPNN.com di YouTube baru-baru ini.

Penulis buku Defending Indonesia itu mengaku terlibat dalam penyusunan sistem pertahanan untuk IKN.

Connie menegaskan bahwa IKN tak hanya canggih dari sisi pembangunannya, tetapi juga sistem pertahanannya.

"Kita mau bikin sistem dome saja kalau sedemikian canggihnya untuk melindungi ibu kota negara," tuturnya.

Menurut Connie, ancaman potensial terhadap kedaulatan wilayah RI justru bukan dari negara tetangga. Dia menyebut situasi di Laut China Selatan punya peran penting.

"Laut China Selatan ini sedemikian seksi untuk seluruh dunia," katanya.

Dia mencontohkan pergeseran orientasi Tiongkok dari Green Water ke Blue Water. Negeri pimpinan Xi Jinping itu  menyelesaikan persoalan Green Water atau wilayah perairan yang masuk dalam kedaulatannya pada 2020.

Pengamat militer dan pertahanan Connie Rahakundini Bakrie punya info soal strategi mempertahankan ibu kota baru RI di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.