Bu Mega Dukung Pemerintah Angkat Bidan PTT Jadi PNS

Bu Mega Dukung Pemerintah Angkat Bidan PTT Jadi PNS
Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berterima kasih kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena telah mengangkat puluhan ribu bidan dan dokter PTT menjadi PNS.

Namun, dia berharap pemerintah tidak lupa bahwa masih ada sekitar 4 ribu bidan dan dokter PTT yang masih belum mendapat kepastian.

Hal itu disampaikan Mega dalam rangka peringatan Hari Bidan Internasional yang jatuh pada hari ini, Sabtu (5/5). Dia pun berharap semua bidan dan dokter PTT segera bisa menjadi PNS.

"Di Hari Bidan Internasional ini, saya nyatakan mendukung pemerintah Jokowi-JK untuk mengangkat tenaga kesehatan, termasuk para bidan berusia 35 tahun ke atas untuk menjadi PNS," kata Mega dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN.

"Saya mendapatkan informasi alasannya (tidak diangkat) karena usia mereka saat ini di atas 35 tahun. Di berbagai kesempatan saya selalu katakan, mereka tua dalam pengabdian," tambah Mega.

Di Indonesia, lanjut putri Proklamator RI Soekarno itu, mayoritas kelahiran dibantu oleh bidan. Mereka bertugas hingga desa-desa terpencil dan sangat terpencil.

Karena itu, turunnya angka kematian ibu (AKI) dalam beberapa tahun terakhir jelas tak lepas dari peran para bidan. Namun, saat ini AKI Indonesia masih belum mencapai target MDGs minimal 102 kematian per 100 ribu kelahiran.

"Tentu memperjuangkan AKI tidak dapat dipisahkan dengan perbaikan nasib para bidan itu sendiri. Salah satunya adalah status kerja yang pasti bagi mereka yang menjadi ujung tombak kesehatan," tandasnya.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan pemerintah bahwa saat ini masih ada sekitar 4 ribu bidan dan dokter PTT yang menunggu kejelasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News