Bu Mega Mengaku Sebagai Inisiator Pembentukan BNPB

Bu Mega Mengaku Sebagai Inisiator Pembentukan BNPB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam pembukaan Rakornas Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) di Jakarta, Sabtu (28/10). Foto: M Kusdharmadi/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) bisa meningkatkan kualitas perannya dalam menolong masyarakat ketika terjadi bencana. Untuk itu, banyak hal yang harus diperhatikan agar organisasi sayap PDIP makin berkualitas.

Megawati mengatakan, Baguna perlu memperhatikan persiapan dan keahlian. Sebagai pihak yang menolong, katanya, Baguna harus benar-benar terlatih sebelum memberikan pertolongan kepada masyarakat yang terkena bencana.

"Inilah yang saya sebut Baguna yang berkualitas. Saya maunya Baguna  tidak hanya kuantitatif, tapi yang kualitatif," ujar Megawati saat berpidato pada pembukaan Rakornas Baguna PDI Perjuangan di Jakarta, Sabtu (28/10).

Megawati menambahkan, siapa pun kader PDIP yang tergabung dalam Baguna harus ikut pelatihan. Baguna juga harus selalu siaga agar kapan saja bisa digerakkan untuk membantu korban bencana di berbagai pelosok, termasuk daerah pedalaman yang masyarakatnya mungkin belum bisa berbahasa Indonesia secara lancar.

Karena itu, Mega meminta anggota Baguna harus selalu dalam keadaan sehat lahir dan batin. “Inilah makanya saya meminta kerja sama dengan Basarnas agar (Baguna, red) dilatih. Anggota Baguna harus sehat lahir batin baru bisa menolomg orang lain," kata putri Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno itu.

Megawati pun membeber pengalamannya ketika sebagai wakil presiden terlibat dalam penanganan pasca-bencana. Bahkan, Megawati berinisiatif membentuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Mega semasa menjadi wakil presiden juga mengambil banyak langkah strategis meskipun ketika itu semua struktur pemerintahan belum tertata secara dalam hal tanggap bencana karena pihak yang menanganinya hanya level subdirektorat di Kementerian Perhubungan.

“Saya bilang apa yang bisa dilakukan kalau hanya di bawah subdirektorat? Maka sejak saat itulah saya minta izin ke Presiden Abdurrahman Wahid untuk membentuk sebuah badan yang sekarang menjadi BNPB. Itu saya yang membuat waktu jadi wapres," ujar Mega.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta Badan Penanggulangan Bencana atau Baguna bisa meningkatkan kualitas perannya dalam membantu korban bencana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News