Bu Mega Minta Indonesia Berkaca dari Sri Langka, Jangan Sampai Ekonomi Hancur

Bu Mega Minta Indonesia Berkaca dari Sri Langka, Jangan Sampai Ekonomi Hancur
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri memberikan pidatonya melalui video saat membuka KKN Kebangsaan 2022 di Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (16/7). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, PALANGKARAYA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta Indonesia mengantisipasi krisis pangan serta resesi yang dipicu masalah inflasi. Dia menilai Indonesia bisa berkaca dari Sri Langka.

Hal itu disampaikan Megawati dalam pidatonya melalui video saat membuka KKN Kebangsaan 2022 di Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (16/7).

“Kita sama-sama berharap Indonesia terhindar dari ancaman krisis pangan yang menghantui dunia, yang harus segera kita antisipasi dari saat ini, agar hal itu tidak terjadi,” kata dia.

Megawati mengatakan Presiden Jokowi pernah mengingatkan perekonomian dunia tengah tidak stabil. Dan semua sudah melihat kejadiannya, yaitu Sri Lanka.

Apabila ekonomi hancur, lanjut dia, tentunya yang paling utama dipikirkan ialah makanan.

Dia meminta Indonesia memikirkan bagaimana bisa berdaulat pangan.

Dalam hal ini, lanjut dia, perguruan tinggi harus menaruh perhatian besar terhadap penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui riset dan inovasi di bidang pangan.

Sebab, Indonesia begitu kaya dan menghasilkan sumber pangan yang sangat beragam.

Megawati Soekarnoputri memprediksi pada 2045, Indonesia memerlukan hampir 319 juta ton beras.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News