Bu Menteri Dorong Pemda Perbanyak Puskesmas Ramah Anak

Bu Menteri Dorong Pemda Perbanyak Puskesmas Ramah Anak
Menteri PPPA Yohana Yembise mengunjungi puskesmas ramah anak di Desa Pasir Putih, Provinsi Babel, Jumat (2/3). Foto: Mesya Mohammad/JPNN.com

jpnn.com, PANGKALPINANG - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mendorong puskesmas di seluruh daerah agar bisa ramah anak. Seperti puskesmas yang ada di Desa Pasir Putih, Provinsi Bangkabelitung (Babel).

Puskesmas Pasir Putih dinilai ramah anak karena menyediakan tempat bermain anak, tenaga medis yang melayani dengan ramah, dan pelayanan gizi yang memadai bagi anak – anak.

"Pemprov Babel cukup memerhatikan masalah perempuan dan anak, serta mendukung komitmen kabupaten/kota dan para pimpinan puskesmas untuk mewujudkan puskesmas ramah anak," ujar Menteri Yohana dalam rangkaian rapat koordinasi nasional PPPA hari ketiga, Jumat (2/3).

Ia juga meminta agar pemda segera memenuhi indikator–indikator puskesmas ramah anak yang juga berpengaruh terhadap terwujudnya kabupaten/kota Layak Anak (KLA).

Selain puskesmas ramah anak, pemda juga diharapkan mampu mewujudkan posyandu ramah anak.

Salah satu Kader Posyandu Pasir Putih, Ainah berpendapat fasilitas posyandu ramah anak berpengaruh terhadap motivasi para ibu untuk membawa anak – anaknya ke posyandu.

“Pengalaman saya, para ibu terkadang malas untuk membawa anak-anak mereka ke posyandu karena situasinya yang kurang nyaman dan fasilitas posyandu tersebut kurang memadai. Baik bagi perempuan maupun anak-anak,” ujar Ainah.

Senada dengan Ainah, Menteri Yohana juga mengimbau agar puskesmas ramah anak bisa memberikan pendampingan terhadap posyandu untuk menjangkau kebutuhan masyarakat, khususnya di pedesaan. Dia menyadari puskesmas belum mampu menjangkau seluruh masyarakat di perdesaan.

Menteri PPPA Yohana Yembise mendorong agar puskesmas ramah anak bisa lebih diperbanyak demi terwujudnya kabupaten/kota Layak Anak (KLA).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News