Bu Susi Bekali Calon Kada PDIP agar Berani Gulirkan Ide

Bu Susi Bekali Calon Kada PDIP agar Berani Gulirkan Ide
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan) bersama Sekretaris Sekolah Partai PDIP Eva K Sundadari di Depok, Jawa Barat, Rabu (7/9). Foto: DPP PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - DEPOK - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tampil sebagai pembicara pada hari kedua Sekolah Calon Kepala Daerah PDIP di Depok, Jawa Barat, Rabu (7/9). Kehadiran Susi itu untuk memotivasi calon kepala daerah asal PDIP agar berani melakukan terobosan bagi rakyat.

Susi tampil sebagai pemberi materi dengan topik  Indonesia Poros Maritim. Menurut dia, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan keputusan presiden dan peraturan presiden untuk percepatan pembangunan industri perikanan yang berbasis pada rakyat dan demi kepentingan nasional.

“Inilah yang kita sebut berdaulat dan berdikari di lautan. Kita tangani sendiri, tidak perlu investor asing," kata Susi yang langsung disambut aplaus para peserta Sekolah Calon Kepala Daerah PDIP yang sebagian besar dari wilayah kepulauan.

Dalam rangka itu pula Susi mengingatkan para kepala daerah berpikir progresif dan revolusioner demi memajukan dan mensejahterakan daerah masing-masing. Para kepala daerah harus berani melakukan terobosan.

Pengusaha perikanan asal Pangandaran, Jawa Barat itu lantas mencontohkan gebrakannya selama dua tahun memimpin KKP. Meski banyak suara-suara miring, namun Susi tetap berjalan dengan kebijakannya menyikat pencurian ikan atau ilegal fishing.

Susi menegaskan, sikap tegasnya membuat kapal-kapal asing pencuri ikan ciut nyali. Penghasilan para nelayan pun meningkat dan kesejahteraan mereka juga membaik.

“Saya menghentikan illegal fishing sehingga Indonesia menjadi penghasil ikan nomor satu di Asean dan bisa menyetor pendapatan negara lebih banyak dari sebelumnya sementara sektor-sektor lain justru menurun setorannya," tegasnya.

Kepala Sekolah PDIP, Komarudin Watubun mengatakan, program pemerintah mensejahterakan masyarakan melalui bidang kelautan dan perikanan memang harus mendapat dukungan daerah. “Kekayaan laut kita adalah modal besar untuk wujudkan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

DEPOK - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tampil sebagai pembicara pada hari kedua Sekolah Calon Kepala Daerah PDIP di Depok, Jawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News