Bu Susi Berharap Interpol Bisa Perkuat Perannya

Bu Susi Berharap Interpol Bisa Perkuat Perannya
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Foto dok Humas KKP

jpnn.com - BALI - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dibantu banyak pihak dalam memberantas illegal fishing. Salah satunya The International Criminal Police Organization (Interpol).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan Interpol merupakan salah satu badan yang dibentuk dan dibutuhkan dalam tatanan global.

Susi mengatakan, saat ini pola tindak kriminalitas semakin canggih dan melibatkan banyak negara.

Karena itu diperlukan kerja sama antar negara untuk menangani illegal fishing.

"Di sini saya sharing pengalaman kita dalam keseriusan dan ketegasan kita dalam melawan illegal fishing. Illegal fishing bukan hanya sekadar pencurian ikan," ujar Susi saat menjadi pembicara kunci speaker Sidang Umum Interpol ke-85 di Bali, Rabu (9/11).

Selama dua tahun, KKP bersama tim gabungan dari Satgas 115 melakukan analisa, investigasi, dan melakukan penindakan. Hal itu menemukan fakta bahwa illegal fishing lebih dari sekadar pencurian ikan.

Illegal fishing, lanjut Susi, bukan hanya soal penangkapan ikan ilegal, tapi juga menyangkut soal perbudakkan, narkoba, miras, rokok, hingga hewan langka yang diselundupkan antar negara.

"Jadi hari ini kami share, dan mereka sangat antusias. Apalagi mereka dengar Satgas 115 di mana semua badan bisa bekerja sama di situ dari Polisi Air, Pol Laut, AU, Kejaksaan, Kalakhar, Bakamla, dan lainnya," pungkas Susi.

BALI - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dibantu banyak pihak dalam memberantas illegal fishing. Salah satunya The International Criminal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News