Bu Susi: Yang Penting itu Konsisten

Bu Susi: Yang Penting itu Konsisten
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Foto dok humas KKP

jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastusi menghadiri acara Puncak HUT ke 44 Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) di Pantai Depok, Yogyakarta, Minggu (21/5) kemarin.

HNSI menurutnya, memiliki peran untuk mendukung visi misi pemerintah dalam menjadikan laut sebagai masa depan bangsa.

"HNSI bisa berkonsolidasi kepada pemerintah khususnya KKP untuk menjaga laut, menjadikan Indonesia poros maritim dunia dan laut sebagai masa depan bangsa. Berarti laut kita harus ada, harus kaya resourcesnya," ujar Susi.

Susi menyadari beberapa peraturan yang dikeluarkannya, seperti pemberantasan illegal fishing dan menjadikan perikanan tangkap masuk daftar list negatif investasi, kerap dimintai untuk direvisi, agar pihak asing leluasa beroperasi mengambil sumber daya perikanan tangkap.

"Ini kemenangan luar biasa untuk HNSI dan nelayan lainnya. Tidak ada sumber daya lain mutlak untuk Indonesia. Minyak, tambang, semua sudah separuh-separuh dengan asing, atau kita hanya dapat sampel saja," tambahnya.

Susi menilai, kebijakan yang ditempuh merupakan salah satu cara memberikan deterrent effect kepada pelaku pencuri ikan dan semua pihak yang terlibat di dalamnya.

"Yang penting itu konsistensi tinggi supaya dihargai. Supaya orang lain tidak berani main-main dengan kita", tandasnya.(chi/jpnn)


Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastusi menghadiri acara Puncak HUT ke 44 Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) di Pantai Depok, Yogyakarta,


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News