Menteri Susi Ajak Masyarakat Jaga Mutu Hasil Perikanan

Menteri Susi Ajak Masyarakat Jaga Mutu Hasil Perikanan
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Foto dok humas KKP

jpnn.com, PANGANDARAN - Mutu dan keamanan hasil perikanan, serta karantina ikan menjadi salah satu fokus utama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam menjaga kedaulatan dan mendukung keberlanjutan produk kelautan dan perikanan.

Karena itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak masyarakat untuk terus menjaga kelestarian sumber daya laut.

"KKP mengadakan konservasi bukan berarti tidak boleh ambil. Silakan ambil, tapi pakai cara yang benar. Ambil sambil menjaga. Perhatikan ukuran tangkapan dan besar jaringnya," ujar Susi dalam siaran persnya, Jumat (19/5).

Sumber daya perikanan, lanjutnya, akan tetap ada dan banyak bila dijaga. Peraturan yang diterbitkan KKP selama ini bertujuan untuk melindungi keberlanjutan sumber daya kelautan.

"Kita ini dikasih Tuhan SDA yang luar biasa. Kami sudah tegakan hukum kedaulatan kita dengan pemberantasan IUUF. Saya tak ijinkan karena jaring yang mereka pakai tidak ramah lingkungan," tutur Susi.

KKP melalui Badan Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) sambung Susi berkomitmen untuk menjaga sumber daya kelautan yang ada.

"BKIPM adalah ujung tombak penjaga kedaulatan. Jika bibit diambil, siapa lagi yang akan bertelur, apa terumbu karang bisa bertelur lobster?," tutur dia.(chi/jpnn)


Mutu dan keamanan hasil perikanan, serta karantina ikan menjadi salah satu fokus utama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam menjaga kedaulatan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News