'Buah Manis' Usaha Bea Cukai Genjot Ekspor dari Kawasan Berikat

'Buah Manis' Usaha Bea Cukai Genjot Ekspor dari Kawasan Berikat
Bea Cukai genjot ekspor dari kawasan berikat. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri melalui pemberian fasilitas di bidang kepabeanan dan cukai yang tepat sasaran.

Kepala Seksi Humas Bea Cukai, Sudiro mengatakan, salah satu fasilitas yang diberikan ialah kawasan berikat.

Sebagai informasi, kawasan itu adalah tempat penimbunan untuk barang impor dan/atau barang yang berasal dari daerah pabean lain guna diolah atau digabungkan, hasilnya untuk diekspor.

Fasilitas ini, kata dia, dinilai memungkinkan kinerja ekspor dapat meningkat karena industri yang ada di kawasan ini hanya berorientasi ekspor dengan segala keringanan fiskal agar berdaya saing.

Bea Cukai, lanjut Sudiro, menggiatkan ekspor dari kawasan berikat dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri, mengumpulkan devisa dan penerimaan negara, dan mengembangkan sektor industri dalam negeri.

"Sehingga secara langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja,” ungkap Sudiro Jumat (12/3).

Menurut dia, kantor pelayanan Bea Cukai di setiap daerah pun telah giat mengasistensi perusahaan di kawasan berikat untuk dapat meningkatkan ekspornya.

Adapun sistem itu, sambung dia, dilaksanakan Bea Cukai Tegal dan membuahkan hasil dengan terlaksananya ekspor perdana PT Sumber Masanda Jaya (SMJ) atas 4.050 pasang sepatu bermerek Nike.

Bea Cukai berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri melalui pemberian fasilitas di bidang kepabeanan dan cukai yang tepat sasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News