JPNN.com

Buah Sirsak Ampuh Mencegah Kanker?

Senin, 12 Agustus 2019 – 09:03 WIB Buah Sirsak Ampuh Mencegah Kanker? - JPNN.com

jpnn.com - Buah sirsak terutama daunnya diduga memiliki salah satu manfaat bagi kesehatan, yaitu mencegah kanker. Hal ini berdasarkan dari kandungan sirsak yang kaya akan antioksidan, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan munculnya sel kanker di dalam tubuh.

Di Indonesia sendiri, masih banyak masyarakat yang memilih pengobatan alternatif dengan mengonsumsi obat-obat herbal dibandingkan obat-obatan kimia, salah satunya pada pengobatan kanker dengan racikan daun sirsak.

Daun sirsak dan penyakit kanker
Penggunaan daun sirsak untuk pengobatan dilakukan dengan berbagai resep racikan obat herbal, salah satunya dengan cara merebus daun sirsak kurang lebih jumlahnya 10 helai daun dengan 3 gelas air putih, lalu air tersebut diminum sebagai obat.

Memang telah banyak penelitian yang dilakukan terkait penggunaan daun sirsak dalam mengobati penyakit kanker. Penelitian tersebut melaporkan bahwa di dalam daun sirsak terdapat zat anti kanker yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan zat tersebut adalah annonaceous acetogenins.

Namun, bukti ilmiah yang sudah dilakukan masih kurang cukup dan kuat untuk mengklaim manfaat daun sirsak dalam pengobatan kanker dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Jika saat ini Anda sedang dalam masa pengobatan kanker, fokuslah dulu dalam pengobatan Anda. Karena obat herbal sebagai pengobatan alternatif sifatnya untuk menjaga kesehatan dan mencegah munculnya penyakit, bukan sebagai terapi untuk menyembuhkan, menggantikan obat dari dokter atau menggabung obat dari dokter dengan obat herbal tersebut.

Karena dikhawatirkan suatu saat keduanya dapat berinteraksi dan menimbulkan efek samping pada tubuh.

Tapi ingat, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter yang selama ini merawat Anda bila ingin mengonsumsi obat dari buah sirsak ini secara berbarengan dengan obat Anda.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...