Buat Penderita Diabetes Melitus, Begini Imbauan Dokter Spesialis Mata

Buat Penderita Diabetes Melitus, Begini Imbauan Dokter Spesialis Mata
Dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara dr. Agus Setyawan, Sp.M. Foto: ANTARA/Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, Jawa Tengah, dr Agus Setyawan, SpM mengimbau penderita diabetes melitus untuk mengecek kesehatan matanya secara rutin guna mengantisipasi terjadinya gangguan penglihatan.

“Gangguan pada mata akibat diabetes melitus disebut retinopati diabetik. Tidak jarang kondisi retinopati diabetik menyebabkan kebutaan,” kata di Banjarnegara, Kamis (3/3).

Dalam hal ini, kata dia, retinopati diabetik dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah retina sehingga retina menjadi bengkak atau terdapat kapiler darah yang tidak normal.

Menurut dia, kondisi tersebut mengakibatkan pandangan menjadi kabur atau terganggu.

“Penyebab utama retinopati adalah kombinasi dari tingginya tekanan darah, gula darah, dan kolesterol," kata dia yang akrab disapa dr. Wawan.

Dia mengatakan penderita diabetes melitus yang tidak ditangani dengan baik akan mengalami kerusakan pada pembuluh darah kecil di retina.

Dengan adanya retinopati diabetik tersebut, kata dia, dapat menyebabkan komplikasi yang berdampak pada tingkat kesakitan yang semakin buruk.

“Oleh karena itu, kami mengimbau para penderita diabetes melitus untuk tetap melakukan pengecekan terhadap kesehatan mata terutama retinanya secara rutin," katanya.

Dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, Jawa Tengah, dr Agus Setyawan, SpM menyampaikan imbauan kepada penderita diabetes melitus. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News