Budaya Jawa & Bali Mirip Sejak Dahulu, Ganjar dan Koster Teken MoU

Budaya Jawa & Bali Mirip Sejak Dahulu, Ganjar dan Koster Teken MoU
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (baju hitam) dan Gubernur Bali I Wayan Koster menandatangani nota kesepahaman bidang budaya antara Jateng dan Bali di Sanur, Denpasar, Jumat (16/6). Foto: Antara

jpnn.com, DENPASAR - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali Wayan Koster menjalin kerja sama dalam rangka menjaga dan memajukan kebudayaan di provinsi masing-masing.

Kooperasi itu dituangkan ke dalam memorandum of understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman Kerja Sama Budaya Jawa-Bali yang ditandatangani Ganjar dan Koster di Prime Plaza Hotel, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (16/6).

Penandatanganan MoU itu juga disaksikan Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP PDIP M Prananda Prabowo.

Koster dalam sambutannya mengatakan hubungan antara Bali dan Jawa telah terjalin sejak ribuan tahun lalu.

"Kerja sama ini memiliki tujuan utama membangkitkan kembali hubungan kesejarahan antara tanah Jawa dan Bali," ujar Koster.

Mantan amtenar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan terdapat berbagai kemiripan dalam budaya Bali dan Jawa.

Misalnya, aksara Jawa mirip dengan huruf Bali. Aksara 'ha na ca ra ka' masih dipakai di Jawa dan Bali hingga saat ini.

Kemiripan lainnya ada pada wayang. Bentuk dan filosofi wayang Jawa mirip dengan wayang Bali.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali Wayan Koster menjalin kerja sama dalam rangka menjaga dan memajukan kebudayaan di provinsi masing-masing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News