Budayawan Zawawi Imron Gelar Ziarah Kebangsaan Jelang Pemilu 2024

Budayawan Zawawi Imron Gelar Ziarah Kebangsaan Jelang Pemilu 2024
Kegiatan ziarah kebangsaan yang diadakan budayawan Zawawi Imron jelang Pemilu 2024. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Budayawan sekaligus penyair KH D Zawawi Imron menggagas kelompok Solidaritas Seni untuk Indonesia Damai (SSID). Para anggota SSID menggelar Ziarah Kebangsaan: Refleksi Indonesia Damai.

"Saya hanya ingin masyarakat bersatu di tengah segala perbedaan. Baik perbedaan pilihan, ras, suku, agama, apa pun itu. Senantiasalah tebarkan cinta, dan ingatlah, bahwa kita semua bernaung di bawah merah putih," kata Zawawi dalam siaran persnya, Minggu (11/2).

Kegiatan itu digelar mengacu pada situasi menjelang Pemilu 2024. Zawawi tergerak menyuarakan semangat kedamaian.

Penyair berjuluk Celurit Emas itu telah membuat secarik kalimat tentang persatuan: Dengan hati yang bersih, cinta yang wangi, merah putih berkibar abadi.

Acara itu digelar di dua tempat, pada Sabtu, 10 Februari 2024, dengan waktu yang berbeda. Acara awal adalah ziarah ke makam Dr Soetomo, tokoh pergerakan RI, itu dilaksanakan pukul 15.00 WIB.

Acara kedua, digelar di Pendapa Jayengrana, Taman Budaya Jawa Timur pada pukul 19.00 WIB. Dalam kesempatan itu tampil beberapa kelompok seni tradisi dan musik yang menggelorakan lagu-lagu persatuan dan nasionalisme.

"Mari kita jadikan segala perbedaan sebagai sarana untuk mencapai persatuan. Bahwa perbedaan itu indah. Perbedaan adalah rahmat Tuhan bagi alam semesta. Selayaknya kita bersatu, bergandengan tangan," ujarnya.

Selain KH Zawawi, terdapat beberapa tokoh seniman dan budayawan Jawa Timur yang akan hadir. Beberapa di antaranya adalah Cak Kartolo, Cak Agus Kuprit, Cak Tawar, Sinden Proborini, dan lain-lain. Hadir pula para jurnalis, serta dari berbagai elemen masyarakat.

Budayawan sekaligus penyair Zamawi Imron menghadirkan kegiatan ziarah kebangsaan jelang Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News