Budi Gunawan Punya Kans jadi Cawapres Jokowi

Budi Gunawan Punya Kans jadi Cawapres Jokowi
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan. Foto: Natalia Fatimah/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan semua tokoh punya peluang yang sama menjadi calon wakil presiden sang petahana Joko Widodo atau Jokowi.

Menurut dia, peluang semua tokoh bangsa yang punya kapasitas menjadi cawapres Jokowi terbuka lebar, termasuk nama seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Jimly Asshiddiqqie, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan sebagainya.

"Semuanya terbuka. Inilah demokrasi yang saya kira harus disyukuri," kata Basarah di gedung DPR, Jakarta, Kamis (26/4).

Dia menambahkan banyaknya tokoh yang tertarik menjadi cawapres Jokowi, menjadi episentrum politik. Namun, kata dia, sejauh ini belum ada pengerucutan dari sekian banyak nama yang potensial menjadi cawapres Jokowi.

Sebab, ujar Basarah, partainya masih melihat dinamika politik yang berkembang. Apalagi, akan ada Pilkada Serentak 2018. Pimpinan-pimpinan partai politik juga masih konsentrasi ke Pilkada Serentak 2018.

"Saya kira nanti mendekati Agustus baru akan ada pengerucutan kepada cawapres yang akan diputuskan oleh Pak Jokowi bersama dengan Bu Megawati, dan ketua umum parpol lainnya," ujarnya. (boy/jpnn)


Peluang tokoh seperti Budi Gunawan, Mahfud MD atau Jimly Asshiddiqqie menjadi pendamping Jokowi di Pilpres 2019 masih terbuka lebar.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News