Buih Putih di Kali Bekasi Berasal dari Perusahaan Ini

Buih Putih di Kali Bekasi Berasal dari Perusahaan Ini
Kondisi Kali Bekasi Terpantau dari Jalan Hasibuan, Bekasi Selatan, Jumat (17/3/2017). Permukaan Air Kali Bekasi Dipenuhi Busa. Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi

jpnn.com, BEKASI - Pemerintah Bekasi akhirnya berhasil mengungkap perusahaan pembuang limbah di Kali Bekasi yang menyebabkan alirannya tertutup buih sehingga tampak berwarna putih, Jumat (17/3) lalu.

Setelah diselidiki ternyata pelakunya adalah perusahaan detergen yang berada di wilayah Kabupaten Bogor. Pihak perusahaan diduga dengan sengaja membuang limbah tersebut ke Kali Bekasi.

Kandungan limbah detergen perusahaan itu dicurigai memiliki zat asam yang bisa mempengaruhi kualitas air.

”Limbah itu berasal dari perusahaan pencucian. Sisa detergen yang dibuang ke Kali Bekasi besar, hingga menyebabkan buih,” terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi kepada Indopos, Rabu (29/3).

Luthfi menambahkan, hasil koordinasi dengan Pemkab Bogor, ternyata mereka belum memiliki Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) lingkungan. Sehingga, dalam melakukan pengawasan agak kesulitan.

”Pemkab Bogor belum memiliki PPNS lingkungan yang konsen mengawasi pencemaran lingkungan,” ucapnya.

Makanya, kata Luthfi, pihaknya berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Barat yang hasilnya akan menerjukan tim ke Sungai Bekasi untuk mengecek kebenaran pencemaran lingkungan.

”Kabarnya sih mereka mau turun. Tapi sampai sekarang belum juga terlihat pengawasan petugas ke Kali Bekasi,” ujarnya.

Pemerintah Bekasi akhirnya berhasil mengungkap perusahaan pembuang limbah di Kali Bekasi yang menyebabkan alirannya tertutup buih sehingga tampak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News