Buka Festival Montir Mania 2023, Bamsoet Dorong Pemberdayaan UMKM Otomotif

Buka Festival Montir Mania 2023, Bamsoet Dorong Pemberdayaan UMKM Otomotif
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka Festival Montir Mania 2023 yang diselenggarakan di Kebon ventafe Cars, Bali, Jumat (10/2). Foto: dok MPR RI

jpnn.com, BALI - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka Festival Montir Mania 2023 yang diselenggarakan di Kebon ventafe Cars, Bali, Jumat (10/2).

Event yang digelar selama dua hari itu untuk mengakomodir para bengkel beserta montirnya.

Event tersebut diikuti sekitar 80 bengkel UMKM dengan total 200 montir dari berbagai daerah di Bali.

"Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN) memproyeksikan dalam kondisi ekonomi normal, nilai perdagangan jasa bengkel dan komponen otomotif Indonesia bisa mencapai Rp 325,51 triliun," ujar Bamsoet saat membuka Festival Montir Mania 2023, di Kebon Vintage Cars Bali, Jumat (10/2).

Dia menambahkan, pandemi Covid-19, potensi pendapatannya diperkirakan hilang mencapai Rp 130,04 triliun.

Khusus untuk sektor bengkel otomotif UMKM, mekanik lepas dan penjualan sparepart, potensi pendapatan yang hilang mencapai Rp 62,5 triliun.

Menurut Ketua IMI Pusat itu Festival Montir Mania 2023 diselenggarakan atas kerja sama IMI Bali, Kebon Vintage Cars Bali, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia Bali (PPMKI Bali), dan Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas Bali (Gerak BS Bali).

Tujuannya, untuk menumbuh kembangkan ekosistem bengkel bersama para montirnya dengan para produsen otomotif yang menyediakan sparepart dan berbagai aksesoris.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka Festival Montir Mania 2023 yang diselenggarakan di Kebon ventafe Cars, Bali, Jumat (10/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News