Buka IIMS, Presiden Jokowi Singgung Formula E Kebanggaan Gubernur Anies

Kamis, 15 April 2021 – 15:49 WIB
Buka IIMS, Presiden Jokowi Singgung Formula E Kebanggaan Gubernur Anies - JPNN.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut industri otomotif nasional sudah bangkit. Foto BPMI Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyinggung soal persiapan MotoGP Mandalika dan Formula E Jakarta saat membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu menilai agenda IIMS dan dua perhelatan balap tersebut bisa mengangkat reputasi Indonesia soal otomotif.

"Bapak-ibu yang saya hormati melalui penyelenggaraan pameran ini reputasi Indonesia di dunia otomotif bisa ditingkatkan dan sekaligus menunjukkan kesiapan kita untuk menjadi tuan rumah penyelenggara event otomotif berskala internasional, termasuk persiapan kita untuk menggelar MotoGP di Mandalika, Formula E di Jakarta dan event-event internasional lainnya," kata Presiden Jokowi secara daring dari Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (15/4).

Jokowi juga mengatakan, industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomian negara yang saat ini harus segera diakselerasi. Sebab, di sektor ini banyak pelaku usaha dalam negeri dari mulai hulu hingga hilir yang keterlibatannya dapat ditingkatkan.

"Keterlibatan industri UMKM dalam rantai pasok juga harus terus ditingkatkan. Nilai tambah untuk ekonomi dalam negeri juga harus menjadi prioritas," ujarnya.

Selain itu, melalui kebangkitan sektor ini, Jokowi juga berharap lebih banyak lagi kesempatan kerja yang dapat diberikan bagi para tenaga kerja lokal, menggerakkan industri UMKM, juga menaikkan angka ekspor Indonesia ke pasar global.

"Tentu saja yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Goal-nya adalah di sini," imbuh Jokowi.

Lebih jauh Jokowi menjelaskan, industri otomotif menjadi salah satu prioritas bagi pertumbuhan investasi di dalamnya. Pemerintah juga tengah berupaya meningkatkan iklim investasi yang salah satunya dilakukan melalui Undang-Undang Cipta Kerja.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...