Buka IOI 2022, Nadiem Makarim Bangga Banget 

Buka IOI 2022, Nadiem Makarim Bangga Banget 
Mendikbudristek Nadiem Makarim membuka IOI 2022. Ajang bergengsi ini pesertanya terbanyak. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim membuka secara resmi perhelatan bergengsi International Olympiad in Informatic (IOI).

Melalui IOI, generasi muda lintas negara bisa berbagi inspirasi dan energi positif untuk pulih dan bangkit dari pandemi. Dengan demikian, talenta digital dunia dapat saling terhubung dan berkolaborasi. 

"Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh siswa kontestan IOI dan seluruh leader dan team leader dari seluruh dunia," terang Menteri Nadiem pada  pembukaan IOI 2022, di Yogyakarta, Selasa (9/8). 

Nadiem meyakini kompetisi ini merupakan sarana terbaik untuk membina dan menantang generasi muda mencintai informatika dan mengembangkannya untuk kehidupan yang lebih baik.

Pada kesempatan ini, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti, menyampaikan bahwa 

IOI adalah salah satu dari 14 Olimpiade Sains Internasional yang dilaksanakan setiap tahun. Dari berbagai olimpiade tersebut, IOI merupakan olimpiade ke-4 tertua dan dengan jumlah negara yang berpartisipasi terbanyak ke-2. 

Suharti menyebutkan IOI ke-34 ini diikuti oleh 536 peserta dari 90 negara. Ini merupakan jumlah negara terbanyak selama penyelenggaraan IOI.

Peserta terdiri dari 357 pelajar yang berkompetisi dan 179 orang leader, team leader, pendamping dan tamu undangan lain.

Mendikbudristek Nadiem Makarim membuka IOI 2022. Ajang bergengsi ini pesertanya terbanyak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News