Pikatan Arya Bramajati Meraih Emas IOI 2021, Berawal dari Hobi Berujung Prestasi

Pikatan Arya Bramajati Meraih Emas IOI 2021, Berawal dari Hobi Berujung Prestasi
Pikatan Arya Bramajati, peraih medali emas IOI 2021. Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia kembali berjaya pada ajang International Olympiad in Informatics (IOI) 2021.

Ini setelah empat siswa Indonesia berhasil meraih empat medali dalam ajang bergengsi yang dilakukan secara daring pada 19-25 Juni 2021 di Singapura.

IOI merupakan kompetisi sains tertinggi di bidang informatika yang diselenggarakan setiap tahun. Tahun ini, 355 peserta bergabung dalam IOI ke-33 dari berbagai negara.

Pikatan Arya Bramajati, siswa SMA Semesta Semarang menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang berhasil menyabet medali emas di IOI 2021.

Perolehan medali emas oleh Pikatan di IOI 2021 menjadikan SMA Semesta sebagai sekolah unggulan di Jawa Tengah ini telah berhasil hattrick medali emas 3 tahun berturut di kompetisi internasional ini.

Total perolehan medali SMA Semesta dalam Olimpiade Informatika Internasional ini sebanyak 5 medali yaitu 3 kali medali emas, 1 kali medali perak, dan 1 kali medali perunggu.

Diceritakan Pikatan, kecintaannya terhadap dunia informatika sudah ada sejak masih di sekolah taman kanak-kanak. Saat itu anak kedua dari dua bersaudara ini senang bermain game.

"Tapi game yang saya mainin bukan tembak-tembakan. Saya senangnya game yang mengasah logika," kata Pikatan dalam konferensi pers virtual, Kamis (8/7).
Melihat bakat Pikatan yang cenderung ke teknologi informatika, orangtuanya mulai mengarahkan hobinya dengan dengan menyediakan fasilitas komputer dan buku penunjang.

Bekerja sama dengan lembaga pendidikan Eduversal, Sekolah Semesta mengundang para profesional, guru, dan juga alumni juara KSN untuk membimbing para siswa tim olimpiade.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News