Buka ITEO 2021, Menhub: Semua Taruna dan Taruni Transportasi Harus Menguasai Bahasa Inggris

Buka ITEO 2021, Menhub: Semua Taruna dan Taruni Transportasi Harus Menguasai Bahasa Inggris
Menhub Budi Karya Sumadi Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) Transportasi yang profesional, unggul dan kompetitif harus berkembang mengikuti dengan perubahan zaman.

Di mana saat ini pembelajaran tidak hanya berpusat pada kemampuan kognitif, tetapi juga mencakup sejumlah keterampilan personal dan sosial. Keterampilan tersebut meliputi 4C, yaitu critical thinking, creativity, collaboration, dan communication. 

"Tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan serta penguasaan berbahasa Inggris sudah menjadi kewajiban semua lini, karenanya saya mengharapkan semua taruna dan taruani sekolah transportasi harus menguasi Bahasa Inggris," kata Menhub saat membuka kegiatan “Excellent and Globally Competitive Human Resources In Transportation” di Jakarta, Selasa (6/4).

Menhub menambahkan bahwa saat ini di pasar kerja nasional dan internasional kebutuhan kompetensi berbahasa Inggris pun terus meningkat, seiring dengan peningkatan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi baru pada berbagai bidang usaha.

Oleh karena itu, tidak bisa dipungkiri kemampuan serta penguasaan berbahasa Inggris sudah menjadi kewajiban dalam proses pembelajaran bagi Taruna dan Taruni Transportasi. 

Nah, dengan diselenggarkan Indonesian Transportation English Olympics (ITEO) Tahun 2021 ini bisa dijadikan sarana edukasi untuk terus mengasah dan meningkatkan tidak hanya kemampuan berbahasa asing, namun membentuk SDM transportasi yang  memiliki keterampilan dalam critical thinking, creativity, collaboration, dan communication.

"Melalui kegiatan ITEO ini, kita dapat bersama-sama menyatukan sikap, semangat, tekad dan langkah dalam membiasakan diri, mengasah kemampuan dalam penggunaan Bahasa Inggris. Saya berharap penyelenggaraan ini juga memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam berkompetisi dengan adil dan menjungjung tinggi sportifitas," kata Menhub.   

Sementara itu, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta selaku Ketua Penyelenggara ITEO 2021, Amiruddin menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah dapat menggali, mengasah kemampuan bahasa Inggris.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) Transportasi yang profesional, unggul dan kompetitif harus berkembang mengikuti dengan perubahan zaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News