Buka Pameran Kosmetik dan Jamu, Mbak Puan Teringat Masa Kecil

Buka Pameran Kosmetik dan Jamu, Mbak Puan Teringat Masa Kecil
Menko PMK Puan Maharani minum jamu bersama usai membuka pameran. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - ‎JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Puan Maharani resmi membuka Pameran Industri Kosmetik dan Jamu yang digelar oleh Kementerian Perindustrian.

Mbak Puan memberikan apresiasi atas ajang ini. Menurutnya, pameran ini mempunyai arti yang sangat penting sebagai ajang promosi dan penyebaran informasi atas berbagai produk kosmetik, jamu, dan obat tradisional yang dihasilkan oleh industri dalam negeri.

"Ini adalah agenda tahunan di Kementerian Perindustrian yang biasanya dibarengi dengan kegiatan minum jamu bersama dan saya selalu mengikutinya," ungkap Menko PMK di Jakarta, Selasa (30/8).

Menko PMK juga sempat bercerita bahwa sejak kecil dirinya telah terbiasa minum jamu karena memang sudah dibiasakan sejak kecil, bahkan menurutnya ada sedikit paksaan dari ibunya untuk minum jamu. 

"Memang meminum jamu khasiatnya tidak instan, dan akan dirasakan manfaatnya setelah beberapa tahun ke depan atau ketika kita dewasa," kata Puan.

Putri Megawati Soekarnoputri itu menambahkan, sebagai orang tua, pasti ada tantangan tersendiri untuk menularkan kebiasaan baik tersebut kepada generasi muda. 

"Hal ini juga membuat saya dan Ibu Menkes sering berargumen mengenai posisi jamu di dunia medis modern saat ini," ungkap Menko PMK.

Pada era globalisasi saat ini, Puan berharap hal-hal yang berbasis budaya dan tradisional yang memiliki efek positif tidak hilang begitu saja di era serba instan seperti saat ini. Untuk itulah semenjak dua tahun lalu pemerintah mengkampanyekan kegiatan minum jamu bersama yang diselenggarakan di kementerian/lembaga secara bergantian.   
‎ 
Industri kosmetik dan jamu pada tahun ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Khusus indsutri kosmetik, pertumbuhannya jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional, hingga mencapai dua digit. Peningkatan tersebut, lanjut Menko PMK, menunjukkan bahwa prospek industri kosmetik dan jamu cukup potensial mengingat Indonesia memiliki banyak tanaman herbal yang secara turun temurun sudah banyak digunakan baik untuk kesehatan dan kecantikan.

‎JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Puan Maharani resmi membuka Pameran Industri Kosmetik dan Jamu yang digelar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News